15 November 2009

Perbedaan RAM dan ROM

Pengertian RAM

Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka panjang.


Pengertian ROM

ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam komputer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.

Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras).

Berikut Perbedaan RAM dengan ROM:

RAM:
1. Dapat ditulis dan dibaca
2. Data dibuat oleh aktivitas komputer
3. Memori penyimpanan acak
4. Digunakan sebagai memori utama komputer
5. Data yang tersimpan selalu berubah sesuai penggunaan komputer

ROM:
1. Hanya dapat dibaca
2. Data dibuat oleh pabrik pembuat ROM
3. Memori penyimpanan urut
4. Digunakan untuk menyimpan firmware*
5. Data yang tersimpan bersifat permanen yang berarti tidak dapat berubah-ubah

*Firmware adalah piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras

2 comments:

  1. Terimakasih ya, atas info & ilmuya… bagus tulisannya

    ReplyDelete
  2. thanks for your share.. nice..

    ReplyDelete